Pada abadke-18 telah dimulai penggunaan mesin uap stasioner yang didasarkan daripenemuan-penemuan terdahulu seperti penemuan mekanisme awal mesin uap olehThomas Savory dan penemuan mesin uap dengan tekanan atmosfer ciptaan Newcomenpada 1712. Penemuan mekanisme mesin uap tersebut akhirnya disempurnakan dengandiciptakannya mesin kondensor oleh James Watt pada 1769. Berawal dari adanyamesin uap inilah masa Revolusi Industri yang pertama di Inggris dimulai dan menyebarke seluruh dunia.

(Koiij, 2015)Saat ini kitatelah memasuki masa Revolusi Industri yang keempat. Pada masa ini, seluruhkegiatan industri, seperti produksi dan konsumsi, tentu saja semakin meningkatdari segi kuantitasnya. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah mulaiadanya tren penurunan kualitas produksi dan konsumsi. Maksud dari pernyataantersebut adalah, dewasa ini, pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan dan bertanggungjawab yaitu yang memperhatikan dampak bagi lingkungan dan ketersediaan sumberdaya sudah mulai berkurang secara pesat.Pola yangtidak baik tersebut contohnya adalah penanganan limbah dan sanitasi yang burukdi daerah industri khususnya di Indonesia, pengelolaan sumber daya alam yangtidak efisien, dan penanganan produk outputyang tidak sesuai prosedur yang telah disepakati bersama. Di sektor pertaniandan peternakan pun mengalami masalah ini.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

Penggunaan air yang berlebihan bagipengelolaan lahan pertanian dan pakan ternak adalah salah satu contohnya. Tidak hanya dikalangan produsen dan pengusaha saja terjadi penurunan kualitas ini, konsumenyang tidak menggunakan uangnya dengan bijak dan berakhir membuang begitu sajabarang yang telah mereka beli juga menghambat tercapainya Kosumsi dan Produksi Berkelanjutan.Sayangnya, masalah ini tidak hanya terjadi di satu negara saja. Fenomena initerjadi di negara maju dan negara berkembang di waktu yang bersamaan. Maka dariitu, hal ini akhirnya menjadi perhatian dunia dan dibahas dalam TujuanPembangunan Berkelanjutan poin kedua belas ini.